Rabu, 14 Desember 2011

PENGERTIAN EMAIL

Pengertian email dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahulu. Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Di salah satu literatur komputer, bahkan saya mendapatkan istilah surel untuk surat elektronik sebagai bahasa terjemahan dari email (electronic mail). Hanya saja, bagi saya pribadi penggunaan istilah email sepertinya jauh lebih nyaman ditelinga.


Lebih jauh, pengeritan E-mail atau electronic mail atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memiliki puluhan nomor.

Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukan penyedia layanan e-mail,misalnya kang.moes@yahoo.com, kang.moes merupakan user-id nya sedangakan gmail merupakan penyedia layanan e- mail. (cara membuat email di yahoo)
Ada 2 jenis layanan e-mail, yaitu email web-based dan non web-based. Untuk dapat menggunakan e-mail yang web-based kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui siitus yang disediakan, contohnya  gmail.com, mail.yahoo.com, dan lain – lain, sedangkan untuk yang non web based pendaftaran dilakukan melalui administrator penyedia layanan. Demikian informasi singkat mengenai pengertian email ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar